Kamis, 17 November 2022

HUKUM TEBUS MURAH

HUKUM TEBUS MURAH

Oleh KH. M. Shiddiq Al-jawi

Tebus murah merupakan istilah untuk jual beli dalam rangka promosi yang dilaksanakan oleh sebagian minimarket. Mekanisme dasarnya, pembeli akan dapat membeli produk-produk tertentu dengan harga murah, dengan syarat dia harus membeli dulu produk barang atau jasa dengan nilai minimal tertentu.

Contohnya, jika pembeli membeli produk barang dengan nilai minimal Rp100 ribu, pembeli dapat menebus murah dua liter minyak goreng merek tertentu seharga Rp12.900.

Biasanya barang yang ditebus murah adalah private label, yaitu barang dengan merek yang diciptakan dan dimiliki oleh minimarket itu sendiri.  

Tebus murah juga dapat diperoleh jika pembeli membayar angsuran atau tagihan atau tiket transportasi atau pelayanan jasa lainnya di minimarket tertentu, dan menyatukan transaksi itu dengan pembelian produk tebus murah dalam satu transaksi.

Misalnya, jika pembeli membeli tiket pesawat, dia dapat menebus murah dua liter minyak goreng (private label).

Hukum tebus murah menurut kami adalah haram secara syarak, berdasarkan dua alasan sebagai berikut:

Pertama, dalam tebus murah tersebut telah terjadi penggabungan dua akad dalam satu akad (shafqataini fi shafqah wahidah), atau berlangsung satu akad yang menyaratkan adanya akad yang lain.

Yang demikian itu telah dilarang sesuai hadis dari Ibnu Mas’ud Ra. yang berkata,

نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَفْقَتَيْنِ فِيْ صَفْقَةٍ وَاحِدَةٍ

”Rasulullah Saw. telah melarang dua kesepakatan dalam satu kesepakatan.” (shafqataini fi shafqah wahidah). (HR. Ahmad, Musnad Ahmad, Juz I, hlm. 398, nomor hadis 3783; HR. Al-Bazzar, Musnad Al-Bazzar, Juz V, hlm. 384, nomor hadis 2017).

Hadis di atas dinilai hadis sahih li ghairihi oleh Syekh Syu’aib Al-Arna’uth. (Lihat Musnad Ahmad bi Ahkam Al-Artna’uth, Juz IV, nomor hadis. 3783).

Imam Al Haitsami mengomentari hadis riwayat Imam Ahmad tersebut dengan berkata, "Rijaalu Ahmad tsiqaat.”  (para periwayat hadis dalam hadis riwayat Imam Ahmad itu adalah para periwayat hadis yang tsiqah.” (Lihat Imam Al-Haitsami, Majma’az Zawaid wa Manba’ul Fawa’id, Juz IV, hlm. 84-85).

Yang dimaksud dengan sabda Rasulullah Saw., dua kesepakatan dalam satu kesepakatan” (shafqataini fi shafqah wahidah), menurut Imam Taqiyuddin An Nabhani, adalah adanya dua akad dalam satu akad (wujuudu ‘aqdaini fi ‘aqdin wahid). Dengan kata lain, hadis tersebut melarang adanya satu akad yang menyaratkan adanya akad yang lain (wa huwa yusytarathu fi al ‘aqdi ‘aqdun akhar). (Taqiyuddin An Nabhani, Al-Syakhshiyyah Al-Islamiyyah, Juz II, hlm. 305; Taqi Utsmani, Fiqh Al-Buyu’, Juz I, hlm. 505; Yusuf As Sabatin, Al-Buyu' Al-Qadimah wa Al-Mu'ashirah, hlm. 27).

Berdasarkan penjelasan ini, jelaslah bahwa tebus murah hukumnya haram, karena telah menyaratkan akad jual beli tebus murah dengan syarat pembelian barang lain lebih dulu.

Kedua, dalam tebus murah tersebut telah terjadi penggabungan dua akad jual beli dalam satu akad jual beli (bai’ataini fii bai’atin).

Penggabungan dua jual beli menjadi satu jual beli secara khusus juga telah dilarang sesuai hadis dari Abu Hurairah Ra.,

نَهىَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعَتَيْنِ فِيْ بَيْعَةٍ

”Rasulullah Saw., telah melarang dua jual beli dalam satu jual beli.” (bai’ataini fii bai’atin). (HR. Tirmidzi no. 1231, dan Nasa`i, no. 4636. Imam Tirmidzi berkata, "Ini hadis hasan sahih.”).

Hadis ini mempunyai makna yang sama dengan hadis larangan shafqataini fi shafqah wahidah sebelumnya di atas, hanya saja ia lebih khusus. Karena hadis ini secara khusus melarang penggabungan dua jual beli menjadi satu jual beli, sedang hadis sebelumnya, melarang penggabungan dua akad ke dalam satu akad, baik itu akad jual beli dengan jual beli, maupun akad jual jual beli dengan akad ijarah (sewa), dan sebagainya. (Taqi Utsmani, Fiqh Al-Buyu’, Juz I, hlm. 505-506).

Berdasarkan dua dalil tersebut, tebus murah tersebut menurut kami hukumnya haram secara syarak, baik bagi pembeli maupun bagi penjual (minimarket) yang mengadakannya. Wallahu a’lam bishashawab.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar